Posted by: rascoolz | January 6, 2011

Pengertian Dari Koneksi Nirkabel Wi-Fi Dan 3G

Disini saya akan menjelaskan tentang Koneksi Wi-Fi dan 3G. Pertama – tama saya akan menjelaskan tentang Koneksi Wi-Fi, tapi sebelum saya menjelaskan tentang Wi-Fi, saya akan menjelaskan tentang koneksi nirkabel.
Jaringan Lokal Nirkabel atau biasa disebut sebagai WLAN (Wireless Local Area Network)  adalah suatu jaringan area lokal tanpa kabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya. Link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kabel, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel.

Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu: 802.11a, 802.11b, 802.11g, and 802.11n. Spesifikasi b merupakan produk pertama Wi-Fi. Variasi g dan n merupakan salah satu produk yang memiliki penjualan terbanyak pada 2005.

Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses atau dikenal dengan hotspot terdekat.

3G adalah kepanjangan dari third-generation technology (teknologi generasi ketiga). Dimana sekarang sudah menjadi salah satu protokol standar dari telekomunikasi berbasis seluler. Layanan – layanan yang didukung oleh protokol 3G, mampu untuk melakukan transfer baik data suara (voice data / panggilan) dan data – data selain data suara contohnya seperti: download, email dan pesan singkat. Secara teknis, jaringan 3G bukanlah jaringan yang termasuk dalam protokol IEEE 802.11. Protokol IEEE 802.11 sempit cakupannya, hanya meliputi akses jaringan internet. Sedangkan jaringan 3G, cakupannya luas yaitu jaringan telepon seluler yang pengembangannya mendukung akses internet cepat dan video telepon. Fitur mutakhir yang ditawarkan teknologi mobile 3G adalah kemampuan untuk broadband dan kapasitas yang sangat besar dimana hal ini mendukung jumlah pelanggan yang banyak dan peningkatan kapasitas data dengan biaya pengembangan yang lebih rendah dari pada jaringan 2G. 3G menggunakan spektrum gelombang radio dengan band 5 MHz, yang dapat menghantarkan jumlah data dan kapasitas yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan jaringan 2G. 3G dapat melayani transmisi 384 kbps untuk layanan mobile dan 2 Mbps untuk sistem pendukung. Pengguna 3G diharapkan dapat mengakses roaming global diantara jaringan – jaringan 3G yang berbeda karena adanya peningkatan kapasitas efisinsi penggunaan spektrum.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: