Posted by: rascoolz | January 6, 2011

Penjelasan Tentang Bandwith, Baseband, Broadband, dan Narrowband

Pada topik kali ini, saya akan menjelaskan tentan keempat hal diatas. Bandwith, baseband, broadband dan narrowband. Mungkin diantara kalian ada yang telah atau sering mendengar keempat – empatnya atau hanya salah satunya saja? Maka disini saya akan mencoba menjelaskan keempat – empatnya secara sekaligus.

  • Bandwith

    Definisi dari Bandwidth adalah banyaknya ukuran suatu data atau informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam sebuah network di waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun data digital. Sekarang sudah menjadi umum jika kata bandwith lebih banyak dipakai untuk mengukur aliran data digital.

    Satuan yang dipakai untuk bandwidth adalah Bits Per Second atau sering disingkat Bps. Seperti yang diketahui bahwa bit atau binary digit adalah basis angka yang terdiri dari 0 dan 1. satuan ini menggambarkan berapa banyak bit (angka 0 dan 1) yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat yang lainnya dalam setiap detiknya melalui suatu media.

    Terdapat dua macam bandwidth yang bisa dipilih:

    a. Mix bandwidth (koneksi international ) atau
    b. IIX (koneksi ke situs lokal Indonesia).

    Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan transfer data :

    ➢Spesifikasi komputer client dan server.
    ➢Peralatan jaringan.
    ➢Topologi jaringan.
    ➢Jenis data yang ditransfer.
    ➢Jumlah user yang aktif dijaringan.
    ➢Waktu

 

  • Baseband
    Baseband adalah sebuah metode penggunaan media komunikasi dimana frekuensi yang dilewatkan pada carrier hanya satu buah untuk mentransmisikan data. Oleh karena itu, dalam satu media tersebut hanya terdapat satu sinyal yang memiliki arti. Salah satu contoh pengguna metode baseband adalah ethernet.

 

  • Broadband
    Sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis Broadband yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar. Broadband sering disebut juga sebagai high speed access internet, karena biasanya memiliki kecepatan aliran data yang tinggi. Umumnya, koneksi  ke pelanggan dengan kecepatan 256 kbit/d (0,256Mbit/d) atau lebih dianggap sebagai broadband internet access. International Telecommunication Union Sektor Standarisasi (ITU-T) mendefinisikan broadband sebagai kapasitas pengiriman yang lebih cepat dari kecepatan utama ISDN pada 1,5 sampai 2 Mbit/d. Definisi FCC dari broadband sekitar 200 kbit/d dalam satu arah, dan jalur lebar canggih paling tidak 200 kbit/d dalam dua arah. OECD mendefinisikan broadband sebagai 256 kbit/d dalam paling tidak satu arah dan kecepatan ini yang paling diterima di seluruh dunia.

 

  • Narrowband
    Definisi Narrowband  adalah situasi dalam komunikasi radio dimana bandwith pesan tidak secara signifikan melebihi bandwith koherensi saluran. Sering terjadi kesalahpahaman bahwa narrowband mengacu ke saluran yang menempati hanya “kecil” jumlah ruang pada spektrum radio.

    Dalam studi saluran nirkabel, narrowband menunjukkan bahwa saluran sedang yang sedang dipertimbangkan cukup sempit hingga respon frekuensi dapat dianggap datar. Pesan bandwidth karena itu akan kurang dari bandwidth koherensi saluran. Ini biasanya digunakan sebagai asumsi idealisasi; saluran tidak ada sempurna flat fading, tetapi analisis dari berbagai aspek sistem nirkabel sangat sederhana jika flat fading bisa diasumsikan.

    Narrowband juga dapat digunakan dengan spektrum audio untuk menggambarkan suara yang menempati rentang frekuensi sempit. Dan dalam hubungan telepon, narrowband biasanya dianggap untuk menutup frekuensi 300-3400 Hz.

    Kebalikan dari Narrowband adalah Wideband.

 


Responses

  1. […] https://rascoolzzz.wordpress.com/2011/01/06/penjelasan-tentang-bandwith-baseband-broadband-dan-narrow… diakses pada tanggal 6 Januari 2011 […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: