Posted by: rascoolz | October 9, 2012

Tanggung Jawab Sosial Terhadap Konsumen dan Lingkungannya

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
Tanggung jawab Sosial Perusahaan berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”, di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

Tanggung jawab terhadap konsumen :
Dalam suatu usaha rumah makan kita punya prioritas tinggi dalam menjamu suatu pelanggan atau konsumen. Agar pelanggan yang datang ke tempat kita tidak merasa kecewa maka ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan:
1. Pelayanan , hendaknya kita memberikan pelayan yang ramah dan sopan. Sehingga pelanggan yang datang ke tempat kita merasa nyaman akan sambutan yang di berikan kepada mereka.
2. Makanan, makanan yang di sajikan haruslah makanan yang terbaik. Baik dari segi rasa, kebersihan dan kesehatan. Sehingga tidak ada satu pelanggan pun yang merasa dirugikan.
3. Tempat/dekorasi ruangan, tempat/dekorasi ruangan sangatlah berpengaruh akan kenyaman pelanggan pada saat mereka akan menyantap suatu hidangan. Hendaklah kita menciptakan suatu suasana yang mana dapat membuat pelanggan kita merasa senang.
4. Fasilitas, fasilitas atau sarana prasarana sangatlah mendukung usaha rumah makan yang kita dirikan. Karena suatu fasilitas dapat dijadikan sebagai pembeda dibandingkan dengan rumah makan yang lainnya. Misalnya, area parkir, fasilitas WIFI, TV dan lain sebagainya.

Tanggung jawab terhadap lingkungan:
Ketika kita mendirikan sutau usaha rumah makan, kita tidak lah mendirikan usah atersebut di tempat yang sepi dan tidak berpenghuni. Akan tetapi ditempat-tempat yang ramai dan strategis, seperti di pinggir jalan raya, area kampus, area perkantoran , mal dan lain sebagainya. Maka dari itu perlu diperhatikan aspek-aspek yang dapat mengganggu lingkugan sekitar tempat kita mendirikan suatu usaha. Dalam hal ini misalnya, janganlah kita membuang limbah / sisa dari makanan disembarang tempat disekitar tempat usaha kita. Karena selain mencemari lingkungan juga dapat memberikan kesan jorok dan tidak higienis pada rumah makan kita.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan
http://ekobudiarso33.wordpress.com/2011/10/13/tanggung-jawab-sosial-usaha-rumah-makan/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: