Posted by: rascoolz | December 17, 2012

Perl

1. Penjelasan tentang Bahasa Perl

Perl merupakan bahasa pemrograman dengan kemampuan utama untuk melakukan berbagai jenis pemrosesan teks. Dengan dasar kemampuan tersebut, Perl makin berkembang untuk dapat melakukan berbagai macam proses menyangkut manipulasi data teks dan biner sejak dibuat pertama kali oleh Larry Wall pada tahun 1987. Proses yang bisa dilakukan beragam, dari file teks biasa sampai DBM. Dari pengelolaan data di RDBMS sampai pemrosesan informasi yang disebar melalui jaringan. Dari manipulasi grafis, audio (MP3) dan video sampai pembuatan panel kontrol untuk home automation.Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.
2. Kelebihan Perl

  • Portabilitas : Perl berjalan pada semua platform dan tersedia untuk semua operating sistem.
  • Lebih mudah dipelajari dibandingkan Java atau C
  • Hadir dengan kesempurnaan operator memanipulasi string dan bekerja dengan regular expressi (ReGex, Regular Expression).
  • OOP dan memiliki satu set library yang besar, yang mengizinkan pengembang (developer) untuk membangun applikasi yang besar.

 

3. Penjelasan 3 Variabel dalam Perl

Perl memiliki tiga tipe data: skalar, array, dan hash. Skalar menyimpan nilai tunggal, array menyimpan kumpulan skalar dengan urutan tertentu, sedangkan hash menyimpan kumpulan skalar berpasangan. Sebuah variabel dinyatakan dengan tanda awalan tertentu yang merujuk pada tipe data yang dikandungnya, serta nama yang berfungsi sebagai pengenal. Tanda pengenal adalah $ untuk skalar, @ untuk array, dan % untuk hash.

Nama variabel terdiri atas huruf dan angka, disebut juga alfanumerik (karakter “_” dihitung sebagai huruf). Nama variabel tidak boleh dimulai dengan angka. Tidak ada ketentuan mengikat mengenai berapa panjang nama variabel yang boleh digunakan. Anda bahkan bisa menggunakan semua nama yang Anda ingat dalam silsilah keluarga Anda, selama memenuhi ketentuan di atas.

Skalar. Variabel skalar menyimpan unit data yang paling mendasar. Apa yang dikandung skalar, itu jugalah yang bisa dikandung oleh array dan hash. Sebuah skalar hanya mengandung string atau angka. Ini juga berarti bahwa semua informasi—dari manapun asalnya—akan diperlakukan sebagai string atau angka. String dikutip menggunakan kutip ganda atau kutip tunggal. Angka bisa berupa bilangan bulat, oktal, heksadesimal, maupun pecahan desimal.

$nama = ‘hasan’;
$_nama2 = $nama . ‘t’;        # hasant
$tahun = 2001;
$satu_dollar = 8500.43;
$dua_tahun_lalu = $tahun – 2; # 1999

Untuk memasukkan kutip tunggal dalam string yang dikutip tunggal digunakan \ (garis miring terbalik) di depannya. Begitupun untuk memasukkan kutip ganda dalam string yang dikutip ganda. Dan untuk memasukkan \ itu sendiri, tambahkan \ satu lagi. Ini disebut meng-escape character.

$putih = ‘#FFFFFF’;
$body = “<body bgcolor=\”$putih\”>”;
$dialog = ‘”Dia t\’lah pergi,” katanya’;

Array. Array didefinisikan dengan memasukkan elemen-elemennya ke dalam tanda kurung dan dipisahkan dengan , (koma). Koma tidak wajib diletakkan pada elemen terakhir. Di Perl, ini sebenarnya sebuah konstruksi data yang disebut list.

@minuman = (‘kopi’, ‘teh’, ‘air’);

Kadang-kadang kedua istilah ini, array dan list, bisa dipertukarkan, dan memiliki makna yang sama. Namun, harus disadari bahwa keduanya tetap berbeda secara logik. Array adalah jenis variabel, sementara list adalah konstruksi data. Dalam pengertian singkat, bisa dikatakan bahwa array adalah list yang bernama. Semua array berisi list, tapi tidak semua list berupa array. Dengan pengertian ini kita bisa mendefinisikan sekumpulan variabel skalar dalam list.

($satu, $dua, $tiga) = (1, 2, 3);

Elemen array diakses dengan sintaks $array[0], angka di dalam “[]” menujukkan indeks elemen dimulai dari 0, yang berarti elemen pertama. Indeks negatif (dimulai dari -1) menghitung elemen dari belakang.

$minuman[0]      # berisi “kopi”
$minuman[2]      # berisi “air”
$minuman[-1]     # sama, berisi air

Jika kebetulan semua elemen array tidak ada yang mengandung spasi, maka kita bisa mendefinisikan sebuah array tanpa menggunakan tanda kutip dan koma. Sebagai gantinya kita menggunakan operator qw().

@minuman = qw(kopi teh air);

Hash. Definisi hash mirip dengan array. Setiap elemen hash terdiri atas pasangan indeks (key) dan nilai (value). Berbeda dengan array, indeks di hash menggunakan string, dan nilainya bisa diakses dengan sintaks $hash{‘indeks’}.

%aplikasi = (
‘bahasa’, ‘perl’,
‘server’, ‘apache’,
‘teks’, ‘vim’,
);
print $aplikasi{‘bahasa’}; # perl

Indeks yang mengandung karakter sederhana tidak perlu dikutip karena otomatis dianggap sebagai string. Namun jika indeks mengandung karakter selain huruf dan angka, kutip harus digunakan. Hal ini juga berlaku ketika mengakses elemen. Jadi, $aplikasi{‘bahasa’} bisa ditulis sebagai $aplikasi{bahasa}.

Benar dan Salah. Kadang-kadang Anda tidak ingin mengetahui nilai kembalian dari sebuah ekspresi, baik string maupun angka, Anda hanya ingin tahu benar atau salah. Perl tidak punya jenis data boolean khusus. Nilai sebuah ekspresi adalah salah satu dari: tak terdefinisi (undefined), benar (true), atau, salah (false). Untuk memudahkan urusan, selanjutnya saya akan menyebut “tak terdefinisi” dengan “undef”. Aturan Perl sederhana, semua nilai benar, kecuali yang undef, string kosong (“” atau ”), angka 0, dan string “0”.

 4) kodingan perl

Di bawah ini adalah sebuah contoh script Perl yang masih sederhana :

#!/usr/bin/perl

# Contoh script Perl sederhana

print “content-type: text\html\n\n”;

print “<HTML><HEAD><TITLE&gtTest</TITLE></HEAD>\n”;

print “<BODY>Baru belajar Perl, ya\n\n”;

print “</BODY></HTML>\n”;

exit;


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: