Posted by: rascoolz | May 14, 2013

Implementasi Cloud Computing Pada Telekomunikasi

cloud-computing2

 

Wahhh, udah lama nggak ngeblog. Okee, sekarang saya akan mencoba menjelaskan tentang implementasi cloud computing pada telekomunikasi. Pertama – tama pasti yang belum begitu kenal dengan cloud computing pasti bertanya – tanya “apa sih itu cloud computing?” . Saya akan berikan penjelasan singkat disini, Cloud Computing itu adalah sebuah teknologi dimana user dapat menggunakan sumber daya komputasi (hardware dan software) yang diwujudkan dalam bentuk layanan yang bisa diakses melalui jaringan. Contohnya seperti Mediafire, kita dapat menggunakan layanan penyimpanan file yang cara pengaksesannya menggunakan internet.

Nah sekarang bagaimana implementasi cloud computing pada telekomunikasi? Implementasinya yaitu dengan menyediakan layanan sistem informasi yang terpusat, dengan artian data – data yang yang tersebar di berbagai daerah dapat dikelola dan dipantau oleh pusat data. Lalu apa keuntungan cloud computing pada telekomunikasi? keuntungannya adalah :

1  Masih jarangnya sumber daya manusia yang mampu mengelola sistem informasi secara menyeluruh di daerah-daerah. Dengan penggunaan teknologi cloud computing, masalah maintenance jaringan inti dan aplikasi inti dapat dilakukan ahli nya secara remote tanpa harus datang ke masing-masing daerah. Perawatan infrastruktur di lapanagan (daerah) hanya sebatas hardware dan software user serta koneksi ke jaringan internet saja.

2.  Jumlah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) potensial yang tersebar di berbagai pelosok dan daerah memungkinkan untuk dijangkau dan diintegrasikan ke dalam suatu sistem e-commerce yang terintegrasi secara nasional melalui cloud computing.

3.  Biaya investasi untuk implementasi cloud computing jauh lebih rendah bila dibandingkan implementasi infrastruktur sistem informasi secara menyeluruh untuk satu daerah (server dan client side)

4.  Proyek Palapa Ring, program Desa Berdering dan Desa Pintar dari Kominfo merupakan langkah awal yang sangat baik untuk mengantarkan Indonesia menuju broadband economy, tinggal bagaimana tugas kita mengelola, menjaga dan memanfaatkannya dengan maksimal untuk mengoptimalkan potensi yang masih belum dioptimalkan ini. Penerapan cloud computing dinilai mampu menjadi trigger yang mempercepat geliat ekonomi yang berimplikasi pada meningkatnya daya beli masyarakat serta menarik minat investor.

 

cloud

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : http://www.manajementelekomunikasi.org/2011/03/strategi-implementasi-cloud-computing.html
http://rusda-z3.blogspot.com/2012/04/cloud-computing-dan-implementasi-cloud.html


Leave a comment

Categories